Minggu, 14 Juli 2013

Facebook Dan Kontribusinya

Facebook merupakan salah satu media jejaring social, terdapat pada jaringan internet, dan merupakan satu dari beberapa media social yang paling laris saat ini. Facebook bukan hanya dikenal di Negara sang pembuatnya saja, Mark Zuckeberg saja tetapi juga dinegara lain bahkan Negara diseluruh dunia sekalipun. Pengguna Facebook (fb) bukan hanya orang-orang kota saja ataupun yang muda-muda saja, akan tetapi bahkan orang-orang desa sekalipun banyak yang telah memiliki akun facebook dan banyak orang tua yang tak mau kalah juga memiliki akun facebook. Bisa dikatakan facebook merupakan virus pada manusia saat ini.
Dahulu sebelum ada facebook, orang-orang khususnya orang kota banyak menggunakan media social internet seperti Friendster, Myspace, dll. Itupun hanya sebagian orang yang telah memiliki akunnya, selain dikarenakan belum luas jaringan internetnya juga alat-alat seperti computer dan handphone yang canggih. Akan tetapi sekarang mungkin bisa dikatakan manusia semakin melek teknologi juga karena facebook. Mengapa bias demikian??

Begini, dahulu bisa saja alat-alat computer telah banyak. Tapi orang-orang masih sulit melakukan komunikasi social karena belum mempunyai sebuah alat komunikasi social. Sudah ada, tetapi media social seperti Friendster ataupun myspace masih terlalu berbelit-belit dalam membentuk sebuah media social. Makanya, setelah ada facebook dan sebagian orang ada yang telah memiliki akunnya dan ternyata facebook itu lebih bagus dan lebih mudah serta tak bertele-tele, maka seorang mulai mengenalkan fb kepada orang-orang lain disekeliling mereka.
Kemudian orang-orang banyak yang merasa puas dengan facebook, kemudian mereka memberitahu kepada yang lainnya lagi. Dari sinilah perkembangan fb di kehidupan layaknya jamur ataupun virus. Yang mulanya satu menjadi dua kemudian menjadi 4 kemudian menjadi 16, 196, sampai berjuta pengguna pada saat ini.
Kembali pada topic pertama, fb sebagai penanam modernisasi. Kemungkinan terbesar jika seseorang ingin membuat akun pada media social, maka ia harus mengerti tantang apa itu internet, jaringan internet dan apa itu dunia maya?. Agar mereka punya akun fb maka mereka harus mengerti internet, kemudian mereka mengetahui internet dan seluk-beluknya, juga computer dan alat komunikasi. Setelah mereka mengetahui, maka sifat ketidakpuasan manusia timbul. Mereka bukan hanya menggunakan facebook saja tetapi juga memanfaatkan internet sebagai media informasi.
Di dunia maya, semua yang mereka butuhkan ada. Hingga pada akhirnya mereka semakin mengetahui tentang apa itu handphone, laptop, tablet, bahkan cara-cara merangkai bom sekalipun.hh
Dari sinilah mungkin sebagian besar manusia dipermukaan bumi ini mengerti apa itu teknologi. Bisa dikatakan Facebook merupakan pelopor terbesar dari sifat ketergantungan manusia pada teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf. Komentar yang tidak punya aturan akan kami blacklist. Terimakasih atas kunjungan anda.